https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN DALAM NILAI MUTLAK | Wahyuni | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN DALAM NILAI MUTLAK

Arie Wahyuni

Abstract


Dalam era global ini, dunia pendidikan hendaknya diperhatikan karena pendidikan sangat penting bagi penerus bangsa. Dalam tingkat pendidikan yang paling tinggi terletak pada perguruan tinggi, pada dasarnya di perguruan tinggi yang terkenal adalah perkuliahan Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan pertidaksamaan dalam nilai mutlak, sehingga antara dosen dan mahasiswa memiliki hubungan yang erat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini metode kualitatif dengan jenis penelitian adalah studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2016 sampai bulan November 2016. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah mahasiswa mengalami kesulitan pemahaman konsep atau definisi tentang materi pertidaksamaan dalam nilai mutlak dan kesulitan dalam menghitung pertidaksamaan dalam nilai mutlak. Adapun faktor penyebab kesulitan materi pertidaksamaan dalam nilai mutlak diantaranya faktor dalam mahasiswa meliputi motivasi belajar matematika mahasiswa rendah, kurangnya sikap positif mahasiswa terhadap materi pertidaksamaan dalam nilai mutlak. Sedangkan faktor luar mahasiswa meliputi proses pembelajaran dosen kurang menarik dan penggunaan alat peraga yang digunakan dosen matematika belum maksimal.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i3.4238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.